VI. Pengembangan Otomasi Perpustakaan

VI. Pengembangan Otomasi Perpustakaan

1. Pengertian

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam perpustakaan digunakan sebagai:

a. Otomasi Perpustakaan:
Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan dikenal dengan sebutan system otomasi perpustakaan merupakan pengintergrasian antara bidang pekerjaan administrasi, pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, pengolahan, sirkulasi, statistik, pengelolaan anggota perpustakaan, dll.
Melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan proses pengelolaan perpustakaan menjadi lebih efektif dan efesien. Fungsi system otomasi perpustakaan menitikberatkan pada bagaimana mengontrol system administrasi layanan secara terkomputerisasi.

b. Perpustakaan Digital:
Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.
Dengan kata lain bagi pengguna dapat mencari sumber-sumber informasi dengan menggunakan catalog on-line yang dapat diakses melalui intranet maupun internet, sehingga pencarian dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun berada.

 

2. Kegiatan Otomasi Perpustakaan

a. Pengadaan Perangkat Keras (Hardware)
     - Pembelian komputer (minimal processor P4, Hardisk 40 giga, memory 256 megabytes)
     - Pembelian printer
     - Pembelian scanner
     - Menyediakan fasilitas CD-ROM
     - Menyediakan fasilitas Audio Visual

b. Pengadaan Perangkat Lunak (Software)
     - Instal software (Senayan)
     - Membangun basisdata (MySQl)
     - Membangun modul-modul aplikasi:
       a. Modul buku tamu

       b. Modul entri data
       c. Modul penelusuran (OPAC)
       d. Modul sirkulasi

c. Pengadaan Perangkat Jaringan (Netware)
     - Perlengkapan jaringan lokal (LAN/INTRANET, minimal 100 Mbps)
     - Menyediakan jaringan global (INTERNET, minimal 128 Kbps)
     - Menyediakan fasilitas E-mail
     - Pembangunan web site (layanan online)

d. Pelatihan Petugas (Brainware)
     - Pelatihan operator metadata
     - Pelatihan administrasi digitasi dokumen
     - Pelatihan administrasi database
     - Pelatihan pengelolaan jaringan
     - Pelatihan administrator sistem perangkat lunak
     - Pelatihan pengenalan dan perawatan hardware
     - Pelatihan pengelola web
     - Pelatihan multimedia
     - Pelatihan bimbingan pengguna
     - Promosi dan sosialisasi sistem perpustakaan digital

e. Pembuatan Database (Dataware)
     - Database Buku
     - Database KIPA
     - Database Artikel Perikanan
     - Database Majalah Ilmiah Populer
     - Database Diktat Kuliah
     - Database Koleksi Ikan Komersil
     - Database Anggota

 

3. Kegiatan Perpustakaan Digital

a. Proses Digitalisasi Dokumen

  • Scanning, yaitu prose memindai dokumen dalam bentuk cetak dan mengubahnya ke dalam berkas digital
  • Editing, yaitu proses mengolah file-file PDF dengan cara mnemberikan password, watermark, catatan kaki, daftar isi, hyperlink, dsb
  • Uploading, yaitu proses pengisian metadata dan meng-upload berkas dokumen tersebut ke digital library

b. Proses Penyimpanan Dokumen

c. Proses Pengaksesan & Pencarian Kembali Dokumen